Tuesday, April 25, 2017

FORMAT PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO

1.      Aspek Rekayasa Perangkat Lunak
No
Indikator
Penilaian
S
CS
KS
TS
1.
Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran
2.
Reliable (Handal)
ü     
3.
Maintainable (dapat dikelola dengan mudah)
ü     
4.
Usabilitas (mudah digunakan)
ü     
5.
Ketepatan pemilihan jenis software
ü     
6.
Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)
ü     
7.
Mudah dimengerti
ü     
8.
Sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan
ü     

Keterangan:
·         S          = sesuai
·         CS       = cukup sesuai
·         KS       = kurang sesuai
·         TS        = tidak sesuai
2.      Aspek Desain Pembelajaran
No
Indikator
Penilaian
S
CS
KS
TS
1.
Kejelasan tujuan pembelajaran
ü     
2.
Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum
ü     
3.
Pemberian motivasi belajar
ü     
4.
Ketepatan penggunaan strategi belajar
ü     
5.
Interaktivitas
ü     
6.
Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar
ü   
7.
Kedalaman materi
ü     
8.
Kemudahan untuk dipahami
ü     
9.
Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran
ü     
10.
Sistematis, runtut, alur logika jelas
ü     
11.
Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan
ü     
12.
Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran
ü     
13.
Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi
ü     
14.
Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi
ü     

Keterangan:
·         S          = sesuai
·         CS       = cukup sesuai
·         KS       = kurang sesuai
·         TS        = tidak sesuai

3.      Aspek Komunikasi Visual
No
Indikator
        Penilaian
S
CS
KS
TS
1.
Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran
ü   
2.
Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan
ü   
3.
Sederhana dan memikat
ü   
4.
Visual (layout design, typography, warna)
ü   
Keterangan:
·         S          = sesuai
·         CS       = cukup sesuai
·         KS       = kurang sesuai
·         TS        = tidak sesuai
4.        Aspek Kesesuaian Media dengan RPP
No
Indikator
Penilaian

S
CS
KS
TS
1.
Apakah media yang digunakan dapat mengkonkritkan materi yang abstrak atau dapat menyederhanakan materi yang rumit?
ü     
2.
Apakah dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam belajar?
ü     
3.
Apakah dapat mempermudah belajar siswa?
ü     
4.
Apakah sudah sesuai dengan materi ajar?
ü     
5.
Apakah sudah sesuai dengan karakteristik siswa?
ü     
6.
Apakah sudah sesuai dengan budaya Indonesia atau budaya lokal?
ü     
7.
Apakah penyampaian materi melalui media menjadi stimulus bagi siswa untuk lebih meningkatkan keingintahuannya?
   ü 

Keterangan:
·         S          = sesuai
·         CS       = cukup sesuai
·         KS       = kurang sesuai
·         TS        = tidak sesuai


No comments:

Post a Comment