FORMAT PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO
1. Aspek Rekayasa
Perangkat Lunak
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
|||
S
|
CS
|
KS
|
TS
|
||
1.
|
Efektif
dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran
|
||||
2.
|
Reliable
(Handal)
|
ü
|
|||
3.
|
Maintainable
(dapat dikelola dengan mudah)
|
ü
|
|||
4.
|
Usabilitas
(mudah digunakan)
|
ü
|
|||
5.
|
Ketepatan
pemilihan jenis software
|
ü
|
|||
6.
|
Reusable
(sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali
untuk mengembangkan media pembelajaran lain)
|
ü
|
|||
7.
|
Mudah
dimengerti
|
ü
|
|||
8.
|
Sesuai
dengan tujuan yang telah dirumuskan
|
ü
|
Keterangan:
· S
= sesuai
· CS
= cukup sesuai
· KS
= kurang sesuai
· TS
= tidak sesuai
2. Aspek Desain
Pembelajaran
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
|||
S
|
CS
|
KS
|
TS
|
||
1.
|
Kejelasan
tujuan pembelajaran
|
ü
|
|||
2.
|
Relevansi
tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum
|
ü
|
|||
3.
|
Pemberian
motivasi belajar
|
ü
|
|||
4.
|
Ketepatan
penggunaan strategi belajar
|
ü
|
|||
5.
|
Interaktivitas
|
ü
|
|||
6.
|
Kelengkapan
dan kualitas bahan bantuan belajar
|
ü
|
|||
7.
|
Kedalaman
materi
|
ü
|
|||
8.
|
Kemudahan
untuk dipahami
|
ü
|
|||
9.
|
Kesesuaian
materi dengan tujuan pembelajaran
|
ü
|
|||
10.
|
Sistematis,
runtut, alur logika jelas
|
ü
|
|||
11.
|
Kejelasan
uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan
|
ü
|
|||
12.
|
Konsistensi
evaluasi dengan tujuan pembelajaran
|
ü
|
|||
13.
|
Ketepatan
dan ketetapan alat evaluasi
|
ü
|
|||
14.
|
Pemberian
umpan balik terhadap hasil evaluasi
|
ü
|
Keterangan:
· S
= sesuai
· CS
= cukup sesuai
· KS
= kurang sesuai
· TS
= tidak sesuai
3. Aspek Komunikasi
Visual
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
|||
S
|
CS
|
KS
|
TS
|
||
1.
|
Komunikatif;
sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran
|
ü
|
|||
2.
|
Kreatif
dalam ide berikut penuangan gagasan
|
ü
|
|||
3.
|
Sederhana
dan memikat
|
ü
|
|||
4.
|
Visual
(layout design, typography, warna)
|
ü
|
Keterangan:
· S
= sesuai
· CS
= cukup sesuai
· KS
= kurang sesuai
· TS
= tidak sesuai
4. Aspek
Kesesuaian Media dengan RPP
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
|||
S
|
CS
|
KS
|
TS
|
||
1.
|
Apakah
media yang digunakan dapat mengkonkritkan materi yang abstrak atau dapat
menyederhanakan materi yang rumit?
|
ü
|
|||
2.
|
Apakah
dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam belajar?
|
ü
|
|||
3.
|
Apakah
dapat mempermudah belajar siswa?
|
ü
|
|||
4.
|
Apakah
sudah sesuai dengan materi ajar?
|
ü
|
|||
5.
|
Apakah
sudah sesuai dengan karakteristik siswa?
|
ü
|
|||
6.
|
Apakah
sudah sesuai dengan budaya Indonesia atau budaya lokal?
|
ü
|
|||
7.
|
Apakah penyampaian materi melalui media menjadi stimulus
bagi siswa untuk lebih meningkatkan keingintahuannya?
|
ü
|
Keterangan:
· S
= sesuai
· CS
= cukup sesuai
· KS
= kurang sesuai
· TS
= tidak sesuai
No comments:
Post a Comment